Umat Katolik Se-Keuskupan Sibolga harapkan kehadiran Gatot

Written By Unknown on Jumat, 11 Mei 2012 | 04.30


MEDAN - Panitia Perayaan Paskah Umat Katolik Se-Keuskupan Sibolga berharap agar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho dapat menghadiri acara puncak perayaan Paskah umat Katolik Se-Keuskupan Sibolga pada 20 Mei 2012.
 
Ketua Dewan Penasehat Panitia Oloan Simbolon mengatakan, kegiatan perayaan paskah itu akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya festival paduan suara para ibu maupun para bapak dan generasi muda serta seminar.

"Perayaan paskah adalah perayaan peristiwa paling penting bagi umat Katolik, termasuk Keuskupan Sibolga yang melingkupi 12 daerah kabupaten / kota di Sumatera Utara, mulai dari Tapanuli Bagian Selatan, Tapanuli Tengah, dan Sibolga, termasuk Nias," kata Oloan didampingi Ketua Panitia Hotdiman Manik, saat beraudensi dengan Sekda Pemprov Sumut, Nurdin Lubis, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, hari ini.

Oloan mengatakan, pada perayaan Paskah nanti, Misa Agung akan dipimpin langsung Yang Mulia, Uskup Sibolga, Mgr. Ludovikus Simanullang. Dia menjelaskan, ada dua Keuskupan di Sumut, yakni Keuskupan Agung Medan dan Keuskupan Sibolga dengan jumlah jemaat sekitar 1,1 juta jiwa. Untuk wilayah Keuskupan Sibolga, umumnya umat Katolik bermukim di daerah-daerah pelosok sehingga sangat ingin bertemu langsung dengan gubernurnya.

"Mungkin umat yang ada di kota-kota, sudah biasa bertemu dengan Gubernur. Tapi bagi jemaat Katolik yang ada di Keuskupan Sibolga, umumnya umat Katolik tinggal di daerah pelosok desa dan tentunya sangat berkeinginan untuk bertemu langsung dengan gubernurnya," ujar Ketua Pemuda Katolik Sumatera Utara tersebut.

Dia menambahkan, pada puncak perayaan nanti, sebanyak 12 ribu massa umat Katolik akan hadir. Lebih lanjut Oloan yang juga anggota DPRD Sumut itu menjelaskan, bahwa umat dari Nias yang merupakan bagian dari Keuskupan Sibolga, tidak dapat menghadiri perayaan paskah tersebut dikarenakan membutuhkan biaya yang sangat besar.

Sementara Sekda Pemprov Sumut, Nurdin Lubis, mengatakan akan menyampaika kepada Plt Gubsu. "Dan semoga Pak Plt Gubsu dapat hadir nantinya dalam puncak Perayaan Paskah Se-Keuskupan Sibolga," kata Sekda.

Sekda juga menyampaikan kepada panitia bahwa Pemprov Sumut siap membantu dan menyebarluaskan kegiatan perayaan paskah tersebut. Sekda pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada umat Katolik yang ada di Sumatera Utara karena telah membantu Pemprov Sumut dalam menjaga kondusifitas Sumut.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda