USU siapkan kursi 180 mahasiswa asing

Written By Unknown on Jumat, 11 Mei 2012 | 03.42



MEDAN - Universitas Sumatera Utara menyiapkan 180 kursi untuk mahasiswa asing yang diterima melalui jalur program internasional dan Twinning Program dengan Allianze College of Medical Sciences Malaysia.

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU) Zulkifli Nasution di Medan, Kamis, mengatakan, sama seperti tahun sebelumnya, pada 2012 pihaknya tetap menerima mahasiswa asing melalui jalur internasional.
Untuk tahun ini USU menyediakan sebanyak 180 kursi, masing-masing 100 kursi di Fakultas Kedokteran (FK) dan 80 di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), sementara untuk fakultas lainnya belum disediakan.

“Ke-180 kursi itu kita siapkan pada dua fakultas yakni Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, sebagian besar mahasiswa asing itu berasal dari Malaysia, mereka memilih program studi Kedokteran karena hingga saat ini Malaysia baru mengakui kedua fakultas tersebut,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan, jumlah mahasiswa asing yang diterima tahun ini sengaja dibatasi hanya 180 orang, salah satu alasannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lokal masuk di kedua fakultas tersebut.

“Kami memang membutuhkan biaya dari mahasiswa asing tersebut untuk subsidi biaya kelas regular lainnya, tapi bukan berarti kami harus menampung mahasiswa internasional sebanyak-banyaknya. Untuk itu pada tahun ini kuotanya dikurangi,” katanya.

Humas USU, Bisru Hafi mengatakan selain menerima mahasiswa asing, USU juga menerima dari kelas reguler pada Seleksi Penerimaan Nasional Masuk Peruruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 dengan daya tampung 7.380 orang.

Jumlah tersebut masing-masing diterima melalui jalur undangan sebanyak 1.570 orang, 3.117 melalui jalur ujian tulis SNMPTN dan 2.693 diterima lewat SPMB Mandiri dan diploma, yang akan menempati kursi di 47 program studi di perguruan tinggi itu.

“Total daya tampung USU tahun akademik 2012/2013 ini sebanyak 7.380 orang yang diterima melalui berbagai jalur,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda