Ikatan Mahasiswa Batak Toba (Imabato) Unimed Pendukung Pembangunan Kualitas SDM

Written By Unknown on Jumat, 11 Mei 2012 | 04.06




MEDAN (Berita): Ikatan Mahasiswa Batak Toba (Imabato) yang dibentuk untuk ajang pembinaan secara intern di mahasiswa diharapkan terus berbenah diri baik dalam kegiatan ekstrakurikuler, etika, dan soft skill yang akan mendukung Unimed.
“Sebagai mitra di kampus, Imabato adalah bagian pembinaan kualitas bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat dan sebagai wadah perpanjangan Unimed hendaknya dapat memperbaiki diri sesuai AD/ART,” ujar Rektor Unimed diwakili Pembantu Rektor III Dr Biner Ambarita MPd usai mengukuhkan kepengurusan Imabato periode 2011-2013 di aula H Anif Kampus Unimed, Kamis (10/5).
Ambarita yang juga penasehat Imabato didampingi Pembina Imabato Syamsul Gultom SKM, M.Kes dan steering committee Kamil Chandra Hutapea dan Ketua Umum Imabato Liston Silalahi menjelaskan, disamping soft skill dan pendidikan karakter maka Imabato juga diharapkan dapat mendorong pembangunan kualitas sumberdaya manusia (SDM).
Sebagai organisasi kemahasiswaan, Ambarita mengharapkan agar Imabato jangan berpolitik praktis, namun hendaknya pandai memilih dan menentukan sikap di kancah politik khususnya pada pemilihan kepala daerah (pilkada).
Sementara itu Syamsul Gultom menambahkan, program kedepan akan menyelenggarakan seminar budaya Batak Toba yang bertujuan agar mahasiswa dan kaum muda di Unimed dapat mengetahui bagaimana sebenarnya budaya Batak Toba itu.
Dalam waktu dekat ini katanya, Imabato akan mengundang pakar muatan lokal budaya Batak Toba Prof Dr Bornop Sinaga guru besar FMIPA mata kuliah matematika yang akan menyajikan materi pembelajaran matematika berbasis budaya Batak Toba dalam upaya meningkatkan mutupendidikan.
Melalui kegiatan itu nantinya diharapkan, Imabato menjadi wadah untuk menampa jati diri mahasiswa Unimed sejalan dengan visinya menjadikan unggul di bidang pendidikan dan menjadikan guru yang profesional.
Sedangkan Walikota Medan dalam sambutannya dibacakan Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Medan Said Chaidir mengatakan, walaupun menonjolkan kedaerahan Imabato Unimed telah membuktikan dirinya sebagai salah satu organisasi  yang kritis dan mampu menghimpun mahasiswa berasal dari Batak Toba.
Untuk itu kepada seluruh etnis Batak Toba di kota Medan melalui Imabato Unimed ini untuk terus mendukung penuh program pembangunan di daerah ini, terutama menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal maupun di lingkungan tempat menuntut ilmu.
Selain itu, Imabato juga tetap menjaga kelestarian budaya Batak Toba dan mendukung program Pemko Medan melalui Visit Medan Year 2012 untuk meningkatkan kunjungan wisata di kota Medan salah satunya dengan membuat pagelaran seni budaya seperti gondang naposo.
Susunan pengurus yang dikukuhkan, Ketua Umum Imabato 2011-2013 Liston Silalahi, Sekretaris Desmon J Malau, Bendahara Gustiana Manik dibantu bidang-bidang, departemen dan dewan pimpinan fakultas. Acara diakhiri dengan pagelaran gondang naposo dan tarian tor-tor serta persembahan lagu-lagu etnis Batak Toba

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda