Tim "Geopark" UNESCO lakukan survei di Samosir

Written By Unknown on Jumat, 23 Maret 2012 | 15.13



Pangururan, Sumut  - Tim Geopark dari UNESCO melakukan survei ke sejumlah objek wisata geologi bersejarah di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, guna melengkapi penyusunan "master plan Geopark" oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

"Pimpinan tim, Prof Dr Ibrahim Komoo bersama pakar Geologi dari Universitas Sumatera Utara Jonata Tarigan didampingi Bupati Samosir Mangindar Simbolon telah melakukan survei di sejumlah objek wisata," kata Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Samosir Amon Sormin di Pangururan, Kamis.

Ia mengatakan, sejumlah kawasan bersejarah yang disurvei di antaranya Aek Natonang, Makam Raja Sidabutar, Batu Parsidangan Siallagan, Tao Sidihoni dan beberapa objek geologi bersejarah lainnya. 

Selain itu, lanjutnya, Tim Geopark tersebut juga akan melakukan sosialisasi di Kecamatan Sianjur Mulamula, tentang potensi pariwisata daerah yang dinilai cukup pantas untuk dijadikan etalase Danau Toba sebagai taman bumi (geopark), karena keindahan panoramanya yang dilengkapi kekayaan adat budaya serta asal leluhur orang Batak.

"Danau Toba merupakan aset wisata bertaraf internasional yang memiliki lokasi wisata bernilai geologi penting yang perlu dikembangkan secara menyeluruh oleh Pemerintah Kabupaten berdekatan," ujar Amon.
(KR-JRD/N002) 


(ANTARA News) 

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda