Pesta Bolon Simbolon, Ajang Promosi Danau Toba

Written By Unknown on Jumat, 11 Mei 2012 | 04.00




JAKARTA - Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) Effendi Simbolon mengatakan, Pesta Bolon Simbolon yang akan digelar tanggal 1 hingga 7 Juli mendatang di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta jangan hanya dipandang sebagai aktualisasi marga Simbolon di Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang serta Bekasi (Jabodetabek).

"Tidak hanya sekedar aktualisasi marga Simbolon di Jabodetabek. Pesta Bolon Simbolon merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan kekayaan wisata Indonesia yang tersebar di seluruh Provinsi Sumatera Utara antara lain Pulau Samosir dan Danau Toba," kata Effendi Simbolon, saat jumpa pers di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (9/5).
 
Marga Simbolon, kata Effendi, jenuh juga dengan cara-cara pemerintah pusat mempromosikan wisata di Sumatera Utara yang terlihat semakin tidak efisien dan efektif. 

"Saya perhatikan, dalam mempromosikan wisata Indonesia kerja pemerintah hanya membuat brosur dan setelah itu mereka anggap selesai. Jadi pesta Bolon Simbolon ini sesungguhnya membantu pemerintah dalam menyemarakan wisata Indonesia," ujar politisi PDI Perjuangan yang oleh sebagian kalangan didorong ikut maju sebagai cagub di pilgub Sumut 2013 mendatang.

Dipilihnya ibukota Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan pesta ini, lanjut wakil Ketua Komisi VII DPR itu. karena Jakarta merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia yang dihuni oleh seluruh etnis yang ada di Indonesia dan juga warga dunia.

Selain membawa misi promosi wisata untuk Sumatera Utara, Pesta Bolon Simbolon ini merupakan wujud dari rasa syukur marga Simbolon atas berkembangnya etnis Simbolon baik dari sisi kuantitas maupun kualitas di negara yang multi-etnik ini.

"PSBI mencatat marga Simbolon saat ini lebih dari 70 ribu kepala keluarga yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia serta di sejumlah negara di dunia dengan beragam keahlian dan memeluk berbagai agama yang mereka yakini," tegas anggota DPR dari dapil Jakarta itu.

Bahkan dari sejumlah negara, juga sudah masuk pemberitahuan tertulis dari sekitar 200 orang marga Simbolon yang ada di luar negeri, menyatakan turut hadir dalam pesta Bolon Simbolon tahun ini.

"Mereka datang ke Jakarta ingin terlibat langsung dengan peristiwa budaya dan ingin mengikuti Kongres Marga Simbolon dalam rangka merumuskan berbagai strategi untuk memperkuat komitmen dan kontribusi terhadap kampung halaman serta memelihara kebhinekaan bangsa," tegasnya.

Meski bertajuk marga Simbolon yang berpesta, hakekatnya peristiwa ini adalah untuk bangsa dan negara Indonesia. "Siapa saja, sangat kami harapkan kehadirannya selama pesta berlangsung setidaknya untuk menyaksikan peristiwa budaya bangsa dan menikmati menampilan 200 artis papan atas yang  berasal dari marga Simbolon dan etnis lainnya di Indonesia," pungkasnya. (fas/jpnn)

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda